Faktor-faktor Dominan Penyebab Rendahnya Nilai Mid Semester Mata Pelajaran Sosiologi Siswa Kelas XI IPS SMA N 2 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya

Main Author: Trisna, Trisna
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4021/1/12070019%20TRISNA%20.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4021/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4021/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4021/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4021/
Daftar Isi:
  • Pendidikan merupakan kebutuhan setiap manusia, karena melalui pendidikan manusia dapat mengembangkan potensi dirinya melalui proses pembelajaran. Berbagai kendala yang terkait dengan hasil belajar para peserta didik terhadap pelajaran. Banyak siswa yang tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk melihat faktor-faktor Dominan Penyebab Rendahnya Nilai Mid Semester MataPelajaranSosiologi siswa Kelas XI IPS di SMA N 2 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Kognitif yang dikemukakan oleh Jean Piegat, Jenis penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif jenis survey. Sampel penelitian ini adalah anak yang mendapatkan hasil mid semester rendah di SMA N 2 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya, dan dengan jumlah 42 siswa yang nilai mid semester rendah mata pelajaran sosiologi kelas XI IPS.Sampel penelitian diambil dengan Nonprobality Sampling yaitu 42 siswa yang mendapatkan nilai mid semester rendah kelas XI IPS.Metode pengumpulan data dilakukan dengacara penyebaran angket. Analisis Data digunakan dalam penelitian ini adalah Frekuensi Absolut. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut; 1) faktor dominan penyebab rendahnya nilai mid semester faktor malas, yang dominan adalah kuranya waktu belajar dengan jumlah 40 siswa yang menjawab. 2) faktordominan penyebab rendahnya nilai mid semester faktor orang tua dan guru, yang dominan adalah tidak mengerti guru menjelaskan pelajaran dengan jumlah 30 siswa yang menjawab. 3) faktor-faktor dominan penyebab rendahnya nilai mid semester faktor teman sebaya, yang dominan adalah pengaruh HP dengan jumlah 4 siswa yang menjawab pengaruh HP. 4) faktor dominan penyebab rendahnya nilai mid semester faktor psikis, yang dominan kurang sehat waktu ujian dengan jumlah 26 siswa yang menjawab kurang sehat waktu ujian. Kesimpulan bahwa penyebab rendahnya nilai mid semester mata pelajaran sosiologi siswa kelas XI IPS SMA N 2 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya yang lebih dominan pada faktor malas dengan jumlah 40 siswa yang menjawab.