Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan siswa dalam pembelajaran keterampilan menulis, khususnya menulis teks deskripsi. Untuk melatih siswa agar terampil menulis digunakan model Circuit Learning dalam proses pembelajaran, Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengaruh Penggunaan Model Circuit LearningTerhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 8 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen, jenis eksperimen yang digunakan adalahpost-Test Only Control Group Design. Populasi penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Padang yang terdaftar tahun ajaran 2017/2018. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIIG dan VIIIC yang berjumlah masing-masing 32 orang dan 33 orang. Variabel penelitian ini adalah penggunaan Model Circuit Learningsebagai variabel bebas dan keterampilan menulis teks deskripsi sebagai variabel terikat. Data penelitian ini adalah skor tes unjuk kerja keterampilan menulis siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Padang. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulisteks deskripsi siswa kelas VII G SMP Negeri 8 Padang tanpa menggunakan Model Circuit Learning memperoleh nilai rata-rata 68.23 berada pada rentang 66% - 75% dengan klasifikasi lebih dari cukup.Kedua,keterampilan menulisteks deskripsi siswa kelas VIIC SMP Negeri 8 Padang dengan menggunakan Model Circuit Learning memperoleh nilai rata-rata 79.29 berada pada rentang 76% - 85% dengan klasifikasi baik. Ketiga,terdapat pengaruh penggunaan Model Circuit Learning terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padang, karena thitung> ttabel (4.28> 1,669)