Hubungan Penguasaan Kosakata Dengan Kemampuan Menulis Teks Cerita Moral/Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Dua Koto Kabupaten Pasaman
Main Author: | Khairur, Rizki |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/388/1/13080093%20KHAIRUR%20RIZKI%20%20ok%20flip.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/388/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/388/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/388/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/388/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penguasaan kosakata siswa sangat sedikit sehingga siswa kesulitan dalam mengeluarkan ide-ide dan imajinasi yang ada dalam pikirannya ketika menulis teks cerita moral/fabel. Tujuan penelitian ini. Pertama, mendeskripsikan penguasaan kosakata siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dua Koto Kabupaten Pasaman. Kedua, mendeskripsikan kemampuan menulis cerita moral/fabel siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dua Koto Kabupaten Pasaman. Ketiga, mendeskripsikan hubungan antara penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis cerita moral/fabel siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dua Koto Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dua Koto Kabupaten Pasaman yang berjumlah 114 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah puposive sampling, sampel penelitian adalah kelas VII.1 berjumlah 30 orang. Variabel penelitian ini adalah penguasaan kosakata siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dua Koto Kabupaten Pasaman dan kemampuan menulis teks cerita moral/fabel siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dua Koto Kabupaten Pasaman. Instrumen pada penelitian ini adalah tes penguasaan kosakata dan tes unjuk kerja. Tes penguasaan kosakata digunakan untuk mengukur penguasaan kosakata siswa sedangkan tes unjuk kerja digunakan untuk mengukur kemampuan menulis teks cerita moral/fabel. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat tiga kesimpulan sebagai berikut ini. Pertama, penguasaan kosakata siswa kelas VII SMP Negeri 1 Duo Koto Kabupaten Pasaman diperoleh nilai rata-rata hitung 89,73 berada pada rentangan 86-95% pada skala 10, dengan kualifikasi baik sekali (BS). Kedua, kemampuan menulis teks cerita moral/fabel siswa kelas VII SMP Negeri 1 Duo Koto Kabupaten Pasaman diperoleh nilai rata-rata 81,38 berada pada rentangan nilai 66-75% dengan skala 10, dengan kualifikasi baik (B). Ketiga, berdasarkan uji-t, H1 diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = n-2, karena thitung<ttabel yaitu 6,60<1,70. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penguasaan kosakata memiliki hubungan yang signifikan dengan kemampuan menulis teks cerita moral/fabel siswa kelas VII SMP N I Duo Koto Pasaman.