Kesiapan Guru Bahasa Inggris dalam Melaksanakan Penilaian di Kurikulum 2013 di MAN 3 Padang Tahun Ajaran 2017/2018

Main Author: Resnawati, Resnawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/387/1/13040036%20RESNAWATI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/387/2/Abstract.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/387/3/Conclusion.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/387/4/References.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/387/
Daftar Isi:
  • Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana kesiapan guru bahasa Inggris dalam melaksanakan penilaian dikurikulum 2013 di MAN 3 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan guru bahasa Inggris MAN 3 Padang dalam melaksanakan penilaian di Kurikulum 2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru bahasa Inggris MAN 3 Padang yang berjumlah 5 orang. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling yaitu seluruh guru bahasa Inggris MAN 3 Padang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai rata-rata total capaian responden kesiapan guru dalam mengimplementasikan kesiapan dalam Standar Penilaian di Kurikulum 2013 yaitu guru pertama memperoleh 70,83% yang tergolong kedalam kategori siap, guru kedua memperoleh 72,50% yang tergolong kedalam kategori siap, guru ketiga memperoleh 87,50% yang tergolong kedalam kategori sangat siap, guru keempat memperoleh 77,50% yang tergolong kedalam kategori siap dan guru kelima memperoleh 85,83% yang tergolong kedalam kategori sangat siap. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa secara keseluruhan guru bahasa Inggris di MAN 3 Padang dikategorikan siap dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 pada standar pendidikan nasioanal berdasarkan hasil yang diperoleh dari angket dan wawancara.