Tindak Tutur Direktif Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 15 Padang No. Bentuk Tindak Tutur Direktif

Main Author: Putri, Febrina Riska
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Pusat Studi Ekonomi dan Sosial Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Ekasakti Padang , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3833/1/docs/securesc/ha0ro937gcuc7l7deffksulhg5h7mbp1/eaff6c3fmoc6b3jo06alf7d2sdt9357r/1543809600000/17604443546092001869/_/1gnqSAIM8aDpCnvwCoM0WxVswvpJPFbVb_e%3Ddownload
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3833/
Daftar Isi:
  • Tindak tutur berdampak terhadap keterlibatan dan motivasi siswa dalam pembelajaran. Oleh karena itu, guru semestinya melakukan tindak tutur yang variatif. Namun dalam kenyataannya, tindak tutur yang dilakukan guru didominasi oleh tindak tutur direktif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk tindak tutur direktif guru terhadap tindak tutur direktif guru pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 15 Padang. Objek penelitian ini adalah tindak tutur guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah tiga orang guru yang mengajar bahasa Indonesia di kelas X, XI, dan XII di SMA Negeri 15 Padang. Data penelitian dikumpulkan dengan pengamatan, perekaman, dan pencatatan dengan langkah analisis data: (1) mentranskripsikan hasil rekaman, (2) reduksi data sesuai dengan kebutuhan pertanyaan penelitian, (3) interpretasi data, dan (4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Bentuk tindak tutur direktif guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 15 Padang berupa menyuruh, memohon, menuntut, menyarankan, dan menantang. Yang dominan dilakukan guru adalah tindak tutur menyuruh.