Daftar Isi:
  • Hal yang melatarbelakangi penelitian ini antara lain. Pertama, kurangnya buku-buku bacaan yang tersedia di sekolah. Perpustakaan SMP Negeri 4 Gunung Talang belum menyediakaan buku bacaan, khususnya tentang sastra yang cukup untuk dibaca siswa. Kedua, kurangnya minat membaca siswa, sehingga siswa kesulitan untuk menuliskan kembali apa yang telah dibacanya. Ketiga, kurangnya pengetahuan siswa dalam menulis naskah drama sehingga naskah drama yang dituliskan kurang baik. Tujuan penelitian ini. Pertama, mendeskripsikan kebiasaan membaca sastra siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Gunung Talang Kabupaten Solok. Kedua, mendeskripsikan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Gunung Talang Kabupaten Solok. Ketiga, mendeskripsikan hubungan kebiasaan membaca sastra dengan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Gunung Talang Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Gunung Talang yang berjumlah 145 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah puposive sampling. Sampel penelitian adalah kelas VIII.C berjumlah 29 orang. Variabel penelitian ini adalah kebiasaan membaca sastra siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Gunung Talang dan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Gunung Talang. Instrumen pada penelitian ini adalah angket dan tes unjuk kerja. Angket digunakan untuk mengumpulkan data kebiasaan membaca sastra sedangkan tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan menulis naskah drama. Berdasarkan hasil analisis data, dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut ini. Pertama, kebiasaan membaca sastra siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Gunung Talang diperoleh nilai rata-rata 51,33 berada pada rentangan 46-55%dengan kualifikasi Hampir Cukup (HC). Kedua, kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Gunung Talang diperoleh nilai rata-rata 68,38 berada pada rentangan 66-75% dengan kualifikasi lebih dari cukup (C). Ketiga, berdasarkan uji-Z, H0 ditolak pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = n-2, karena Zhitung > Ztabel yaitu 5,10 > 1,96. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan membaca sastra dengan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Gunung Talang.