Keyakinan Guru Bahasa Inggris Tentang Pengajaran Membaca ( Sebuah Study Interpretatif di SMPN 5 Sijunjung)

Main Author: Lingga, Anggraini
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/370/1/13040031%20LINGGA%20ANGGRAINI%20%20%20ok%20plip.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/370/2/Abstract.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/370/3/Conclusion.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/370/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini di latar belakangi oleh berbagai macam keyakinan guru bahasa Inggris tentang pengajaran membaca di SMPN 5 Sijunjung. Yang mana keyakinan tersebut dapat mempengaruhi guru dalam menentukan aktifitas pengajaran bahasa Inggris di SMPN 5 Sijunjung. Adapun penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan serta menginvestigasi keyakinan guru bahasa Inggris tentang pentingnya pengajaran reading dan sumber keyakinan tentang pengajaran reading. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah basic interpretative study. Tujuan dasar dari studi interpretatif adalah untuk memahami makna yang dibuat orang tentang pengalaman mereka, dengan asumsi bahwa orang menciptakan makna mereka sendiri saat mereka berinteraksi dengan dunia di sekitar mereka. Dalam menentukan responden, peneliti menggunakan purposive sampling yang mana ingin melihat keyakinan guru atau pengalaman mereka tentang pengajaran reading. Ada 2 guru bahasa Inggris di SMPN 5 Sijunjung. Dan kedua guru bahasa Inggris di jadikan partisipan dalam penelitian ini. Dalam mengumpulkan data, peneliti melakukan interview untuk mendapatkan data kualitatif. Dari analisis data kualitatif tersebut penulis menemukan bahwa guru bahasa Inggris yang ada di SMPN 5 Sijunjung meyakini bahwa dalam pengajaran reading siswa akan memahami teks dengan bantuan media pembelajaran dan dalam proses pembelajaran siswa di berikan berbagai latihan. Sumber dari keyakinan guru tersebut berdasarkan pengalaman mereka sewaktu menjadi siswa atau pelajar, kegiatan yang sudah biasa dilakuakan oleh seorang guru bahasa inggris serta prinsip pembelajaran yang di peroleh dari hasil penelitian orang.