Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut, yaitu siswa sulit menentukan struktur dan bagian surat dinas. Penempatan tanda baca dalam menulis surat dinas tidak tepat dan siswa masih kurang memahami bahasa surat dengan baik. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan kemampuan menulis surat dinas siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pasaman sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif Snowball Throwing serta pengaruhnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Rancangan yang digunakan adalah Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 150 siswa. Sampel adalah siswa kelas VIII4 dan siswa kelas VIII5. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah Porposive Sampling, yaitu penarikan sampel yang didasarkan pertimbangan tertentu. Penelitian ini memiliki dua variabel, yaitu variabel bebas (x) dan variabel terikat (y). Variabel bebas adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Variabel terikat adalah kemampuan menulis surat dinas. Data dalam penelitian ini adalah skor tes kemampuan menulis surat dinas tanpa mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowall Throwing dan kemampuan menulis surat dinas dengan mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Hasil penelitian yaitu sebagai berikut. Pertama, kemampuan menulis surat dinas siswa kelas VIII SMPN 1 Pasaman tanpa mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing ialah 80,27 yang berada pada kualifikasi Baik pada rentang 76,85%. Kedua, kemampuan menulis surat dinas siswa kelas VIII SMPN 1 Pasaan dengan mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing sebesar 80,55 berada pada kualifikasi Baik sekali pada rentangan 96-100%. Dapat disimpukan bahwa terdapat pengaruh yang signifan terhap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dalam kemampuan menulis surat dinas siswa kelas VIII SMPN 1 Pasaman. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa nilai thitung 6,38>ttabel 1,67 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.