Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Memproduksi Teks Prosedur Siswa Kelas VIII SMP N 1 Sutera
Main Author: | Siet, Siet |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3592/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3592/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3592/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3592/4/11080202%20SIET.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3592/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi masalah sebagai berikut. (1) kurangnya penguasaan siswa mengenai kosa kata, sehingga siswa sulit dalam mengembangkan tulisan dan bingung untuk menulis. Hal ini terjadi apabila disuruh menulis. (2) siswa kesulitan memahami struktur dan kaidah teks prosedur karena kurangnya pengetahuan siswa terhadap materi yang dibahas. (3) kurangnya motivasi dari diri siswa untuk belajar dikarenakan fasilitas kurang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Memproduksi Teks Prosedur Siswa Kelas VIII SMAP N 1 Sutera. Jenis penelitiaan ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Sutera yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016 berjumlah 310 siswa, yang terdiri dari sepuluh kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII,1 SMP N 1 Sutera. Sampel pada penelitian ini berjumlah 31 orang diambil dengan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil tes kemampuan siswa kelas VIII SMP N 1 Sutera sebelum diberi perlakuan dengan menerapkan media audio visual dan dengan diberi perlakuan menggunakan media audio visual Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, kemampuan memproduksi teks prosedur siswa kelas VIII SMP N 1 Sutera sebelum menggunakan media audio visual dengan nilai rata-rata 59 yang berada pada kualifikasi cukup (C). Kedua, diperoleh hasil tes kemampuan memproduksi teks prosedur siswa kelas VIII SMP N 1 Sutera sesudah menggunakan media audio visual berada pada kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata 82. Ketiga, terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum menggunakan dan sesudah menggunakan media audio visual siswa kelas VIII SMP N 1. Kesimpulan dari penelitian ini adalah membuktikan bahwa penerapan media audio visual terhadap kemampuan memproduksi teks prosedur siswa kelas VIII SMP N 1 Sutera. Kesimpulan dari penelitian ini adalah thitung= 4,89 dan ttabel= 1,95 thitung > ttabel dan H0 ditolak dan H1 diterima karena penerapan media audio visual efektif terhadap kemampuana siswa kelas VIII SMP N 1 Sutera.