Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Menulis Paragraf Eksposisi Siswa Kelas X SMA N 2 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan

Main Author: Oktaricha, Oktaricha
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3588/4/11080166%20OKTARICHA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3588/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3588/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3588/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3588/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tiga landasan. Pertama, sebagian siswa masih mengalami kesulitan dalam mengembangkan ide ke dalam paragraf khususnya menulis paragraf eksposisi. kedua, kemampuan menulis paragraf eksposisi masih rendah disebabkan oleh kurangnya kemampuan membaca, sehingga siswa kesulitan dalam mengembangkan ide-ide ke dalam menulis paragraf eksposisi. ketiga, kurangnya pengetahuan dan pemahaman siswa mengenai kemampuan paragraf eksposisi. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas X SMA N 2 Koto XI Tarusan. (2) mendeskripsikan kemampuan menulis paragraf eksposisi siswa kelas X SMA N 2 Koto XI Tarusan. (3) manganalisis hubungan kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan menulis paragraf eksposisi Siswa kelas X SMA N 2 Koto XI Tarusan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif melalui pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah kelas X.1 dengan jumlah siswa 25 orang. Sampel ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian ini diperoleh melalui dua tes yaitu tes objektif dan tes unjuk kerja. Tes objektif digunakan untuk menggumpulkan data kemampuan membaca pemahaman sedangkan tes unjuk kerja digunakan untuk menggumpulkan data tes kemampuan menulis paragraf eksposisi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Pertama, kemampuan membaca pemahaman siswa kelas X SMA N 2 Koto XI Tarusan berada pada kualifikasi baik (81,8) pada rentangan 76-85%. Kedua, kemampuan menulis paragraf eksposisi siswa kelas X SMA N 2 Koto XI Tarusan berada pada kualifikasi baik (78,33) pada rentangan 76-85%. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan menulis paragraf eksposisi siswa kelas X SMA N 2 Koto XI Tarusan. Hal ini terbukti dengan > (0,2537>1,71)