Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut. Pertama, siswa kurang memahami teks eksplanasi. Kedua, masih ada siswa yang belum memahami struktur teks eksplanasi. Ketiga, masih ada siswa yang belum memahami unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks eksplanasi. Keempat, teknik pembelajaran belum bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan teknik meneruskan tulisan siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Jenis penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016, sebanyak 280 orang yang tersebar dalam 8 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu proportional random sampling atau teknik persentase secara acak. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 32 orang siswa yang diambil sebanyak 10% dari jumlah populasi siswa per kelas. Data penelitian ini berupa skor menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan hal-hal berikut. Pertama, kemampuan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan teknik meneruskan tulisan siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang untuk indikator 1 (Deretan Penjelas) tergolong baik (76 – 85%) dengan rata-rata hitung 82.29. Kedua, kemampuan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan teknik meneruskan tulisan siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang untuk indikator 2 (Interpretasi/kesimpulan) tergolong baik (76 – 85%) dengan rata-rata hitung 83.32. Ketiga, kemampuan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan teknik meneruskan tulisan siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang untuk indikator 3 (Konjungsi) tergolong baik (76 – 85%) dengan rata-rata hitung 87.50. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa kemampuan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan teknik meneruskan tulisan siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang tergolong baik (76 − 85%) dengan rata-rata hitung (M) 84.39.