Pengaruh Penggunaan Model Brainwriting Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMAN 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat
Main Author: | Agus, Mulyani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/349/2/13080045%20AGUS%20MULYANI%20%20%20%20ok%20flip.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/349/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/349/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/349/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/349/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya nilai siswa dalam menulis teks eksposisi, dalam menulis teks eksposisi, siswa tidak menguasai Ejaan Bahasa Indonesia (EBI), penguasaan kosa kata siswa kurang, siswa kurang memahami struktur penulisan teks eksposisi, sulit dalam mengungkapkan ide atau argumennya ke dalam tulisan. siswa mengangap bahwa pelajaran menulis merupakan pembelajaran yang membosankan. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMAN 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat Tanpa menggunakan model Brainwriting, mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMAN 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat sesudah menggunakan model Brainwriting, dan mendeskripsikan pengaruh model Brainwriting terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMAN 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Design penelitian ini adalah One Group Pretest-Postest. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswakelas X SMAN 1Kinali yang terdaftar tahun ajaran 2017/2018 berjumlah 308 orang dan sampel berjumlah 35 orang dengan teknik penarikan sampel Pusposive Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes unjuk kerja. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu model Brainwriting dan variabel terikat pada penelitian ini yaitu menulis teks eksposisi . Hasil penelitian ini adalah, pertama, kemampuan menulis teks eksposisi siswakelas X SMAN 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat Tanpa menggunakan model Brainwriting keseluruhan memperoleh rata-rata hitung sebesar 58,88 berada pada rentangan 56-65% berkualifikasi Cukup (C). Kedua, kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMAN I Kinali Kabupaten Pasaman Barat sesudah menggunakan model Brainwriting secara keseluruhan memperoleh rata-rata hitung sebesar 73,80 berada pada rentangan 66-75% berkualifikasi Lebih Dari Cukup (LDC). Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan model pembelajaran Brainwriting dalam kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMAN I kinali KabupatenPasaman Barat. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa nilai thitung (6,72) >ttabel (1,68), sehingga hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternative diterima.