Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi karena masih kesulitan dalam mengembangkan paragraf dan tema. Hal ini juga disebabkan kurangnya variasi pembelajaran yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kefektifan penggunaan metode karyawisata (field-trip) terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling atau sampel bertujuan. Sampel pada penelitian ini berjumlah 64 orang yang tersebar dalam 2 kelas. Kelas X4 berjumlah 32 orang siswa sebagai kelas kontrol dan kelas X4 berjumlah 32 orang siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Hipotesis penelitian menggunakan uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: Pertama, kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas kontrol berada pada kualifikasi cukup (C) dengan nilai rata-rata 62,50. Kedua, kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas eksperimen berada pada kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata 76,39. Ketiga, terdapat perbedaan hasil belajar siswa tanpa menggunakan dan dengan menggunakan metode karyawisata (field-trip) terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Berdasarkan uji-t disimpulkan bahwa penggunaan metode karyawisata (field-trip) efektif terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan H1 diterima dan H0 ditolak.