Hubungan Interaksi Sosial dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Geografi di SMAN 1 Lunang Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Andriadi, Andriadi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/335/1/13030018%20ANDRIADI%20ok%20Flip.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/335/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/335/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/335/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/335/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan karena kurangnya interaksi sosial antara peserta didik seperti. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti tentang ”Hubungan interaksi Sosial dan motivasi belajar siswa terhadap Hasil Belajar Geografi di SMA Negeri 1 Lunang, Kabupaten Pesisir Selatan”. Jenis penelitian penelitian ini adalah korelasional. Artinya, penelitian ini menentukan hubungan antara variabel yang diteliti. Pengambilan sampel menggunakan teknik Slovin. Data penelitian ini berupa skor angket interaksi sosial dan motivasi belajar dan hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Lunang. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pertama, terdapat hubungan yang positif dan signifikan interaksi sosial terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Lunang Kabupaten Pesisir Selatan. Semakin tinggi interaksi sosial maka semakin tinggi pula hasil belajar. Kedua, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Lunang Kabupaten Pesisir Selatan. Ketiga, Ada hubungan yang positif dan signifikan antara interaksi sosial dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS di SMA N 1 Lunang Kabupaten Pesisir Selatan. Hasil dari interaksi sosial lebih kecil dari pada motivasi belajar, dengan demikian perlu ditingkatkan motivasi belajar karena semakin tinggi motivasi belajar siswa, semakin tinggi pula hasil belajarnya.