Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat tipe gaya apa yang digunakan guru Bahasa Inggris dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan basic descriptive study. Partisipan dari penelitian ini adalah 2 orang guru Bahasa Inggris di SMAN 5 Sijunjung. Data ini dikumpulkan melalui pengamatan dengan merekam proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru, menggunakan observation checklist dan fieldnote. Dalam penelitian ini ada tiga tipe gaya guru menurut teori De Porter tahun 2009 yaitu visual style, auditory style dan kinesthetic style. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa guru Bahasa Inggris di SMAN 5 Sijunjung menggunakan ketiga gaya guru didalam proses belajar mengajar. Visual style yang digunakan guru adalah berhubungan dengan hal-hal yang bisa dilihat. Auditory style yang digunakan guru adalah memberikan penjelasan secara oral. Sedangkan, Kinesthetic style adalah guru menggunakan gerakan tubuh dalam proses belajar mengajar. Jumlah keseluruhan karakter gaya guru adalah 19 sub indicators dalam proses belajar mengajar. Guru A menggunakan 8 sub indicators, Guru B menggunakan 12 sub indicators dalam proses belajar mengajar.