Pengaruh Penggunaan Metode Latihan/Drill terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII MTsN Tapan Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Rika Febri Yarti, Rika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3212/2/Skripsi%20Rika%20Febri%20Yarti%20%2812080110%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3212/4/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3212/1/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3212/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3212/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut: Pertama, menulis naskah drama kurang diminati oleh siswa. Kedua, siswa kurang tertarik menulis naskah drama dan siswa lebih suka menulis puisi. Ketiga, siswa tidak menguasai materi menulis naskah drama. Keempat, siswa mengalami kesulitan dalam menyusun sebuah cerita dalam bentuk naskah drama. Tujuan penelitian ini adalah pertama, mendeskripsikan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII MTsN Tapan Kabupaten Pesisir Selatan sebelum menggunakan metode latihan/drill. Kedua, mendeskripsikan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII MTsN Tapan Kabupaten Pesisir Selatan sesudah menggunakan metode latihan/drill. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh penggunaan metode latihan/drill terhadap kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII MTsN Tapan Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Design penelitian ini adalah One Group Pretest-Postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Tapan Kabupaten Pesisir Selatan berjumlah 150 orang dan sampel berjumlah 25 orang siswa dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes unjuk kerja pada kelas pretest dan postest. Penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel bebas penggunaan metode latihan/drill dan variabel terikat kemampuan menulis naskah drama. Hasil penelitian ini adalah pertama, kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII MTsN Tapan Kabupaten Pesisir Selatan sebelum menggunakan metode latihan/drill memperoleh nilai rata-rata 55,99 berada pada rentangan 46- 55% kualifikasi Hampir Cukup (HC). Kedua, kemampuan menulis naskah drama sesudah menggunakan metode latihan/drill siswa kelas VIII MTsN Tapan Kabupaten Pesisir Selatan memperoleh nilai rata-rata 68,33 berada pada rentangan 66-75% kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC). Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode latihan/drill terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII MTsN Tapan Kabupaten Pesisir Selatan karena Thitung > Ttabel (6,02 > 1,71). Kata Kunci : Pengaruh, Metode Latihan/Drill, Kemampuan Menulis Naskah Drama