Pengaruh Perhatian Orang Tua, Kesiapan Belajar, Kompetensi Profesional Guru, Dan Komunikasi Interpersonal Guru Dengan Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII Di SMPN 33 Padang

Main Author: Yunita, Mairani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3211/4/12090249%20YUNITA%20MAIRANI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3211/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3211/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3211/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3211/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua, kesiapan belajar, kompetensi profesional guru, dan komunikasi interpersonal guru dengan siswa secara parsial dan simultan terhadap hasil belajar IPS Terpadu pada siswa kelas VIII SMPN 33 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 33 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 86 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel berstrata dengan jumlah sampel sebanyak 86 orang. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif dan analisis induktif. Penelitian ini menemukan bahwa : Pertama Hasil dari kelompok sampel orang tua nelayan, perhatian orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPS Terpadu pada siswa kelas VIII SMPN 33 Padang dengan nilai koefisien sebesar 0,238. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung (3,509) lebih besar dari nilai ttabel (1,989). Artinya apabila perhatian orang tua meningkat sebesar satu satuan. Maka hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMPN 33 Padang akan meningkat sebesar 0,238 satuan. Hasil dari kelompok sampel orang tua wiraswasta, perhatian orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPS Terpadu pada siswa kelas VIII SMPN 33 Padang dengan nilai koefisien sebesar 0,075. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung (2,689) lebih besar dari nilai ttabel (1,989). Artinya apabila perhatian orang tua meningkat sebesar satu satuan. Maka hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMPN 33 Padang akan meningkat sebesar 0,075 satuan. Hasil dari kelompok sampel orang tua PNS, perhatian orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPS Terpadu pada siswa kelas VIII SMPN 33 Padang dengan nilai koefisien sebesar 0,090. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung (3,537) lebih besar dari nilai ttabel (1,989). Artinya apabila perhatian orang tua meningkat sebesar satu satuan. Maka hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMPN 33 Padang akan meningkat sebesar 0,090 satuan. Kedua Hasil dari kelompok orangtua nelayan, kesiapan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPS Terpadu pada siswa kelas VIII SMPN 33 Padang dengan nilai koefisien sebesar 0,158. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung (2,194) lebih besar dari nilai ttabel (1,989). Artinya apabila kesiapan belajar siswa meningkat sebesar satu satuan. Maka hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMPN 33 Padang akan meningkat sebesar 0,158 satuan. Hasil dari kelompok orangtua wiraswasta, kesiapan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPS Terpadu pada siswa kelas VIII SMPN 33 Padang dengan nilai koefisien sebesar 0,167. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung (3,599) lebih besar dari nilai ttabel (1,989). Artinya apabila kesiapan belajar siswa meningkat sebesar satu satuan. Maka hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMPN 33 Padang akan meningkat sebesar 0,167 satuan. Hasil dari kelompok orangtua PNS, kesiapan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPS Terpadu pada siswa kelas VIII SMPN 33 Padang dengan nilai koefisien sebesar 0,144. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung (3,464) lebih besar dari nilai ttabel (1,989). Artinya apabila kesiapan belajar siswa meningkat sebesar satu satuan. Maka hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMPN 33 Padang akan meningkat sebesar 0,144 satuan. Ketiga Hasil dari kelompok orangtuaii nelayan.