Pengaruh Penggunaan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Menulis Dongeng Siswa Kelas VII SMPN 1 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat

Main Author: Eka Oktaviani, Eka
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3209/3/SKRIPSI%20EKA%20OKTAVIANI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3209/4/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3209/1/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3209/2/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3209/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh empat masalah,yaitu (1) kurangnya pemahaman siswa terhadap dongeng dan unsur intrinsik dongeng, (2) siswa beranggapan bahwa kegiatan menulis dongeng merupakan suatu hal yang membosankan dan rumit, (3) siswa sulit untuk menentukan unsur intrinsik yang terdapat dalam dongeng, (4) metode yang digunakan cenderung menggunakan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mendeskripsikan kemampuan menulis dongeng siswa kelas VII SMPN 1 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat sebelum menggunakan metode kooperatif tipe jigsaw, (2) untuk mendeskripsikan kemampuan menulis dongeng siswa kelas VII SMPN 1 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat sesudah menggunakan metode kooperatif tipe jigsaw, (3) untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan metode kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan menulis dongeng siswa kelas VII SMPN 1 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalahpenelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest-Posstest Desaign. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII.3 SMPN 1 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat yang berjumlah 27 siswa. Data dalam penelitian ini adalah skor kemampuan menulis dongeng siswa kelas VII SMPN 1 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat sebelum dan sesudah penggunaan metode kooperatif tipe jigsaw.Data dianalisis dan kemudian dilakukan uji-t untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan menulis dongeng siswa kelas VII SMPN 1 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat.Sumber data dalam penelitian ini adalah lembaran hasil kerja kemampuan menulis dongeng siswa kelas VII SMPN 1 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat sebelum dan sesudah penggunaan metode kooperatif tipe jigsaw. Hasil penelitian ini adalah (a) kemampuan menulis dongeng siswa kelas VII SMPN 1 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat sebelum menggunakan metode kooperatif tipe jigsaw memperoleh nilai rata-rata 66,04 berada pada rentangan 66-75% berkualifikasi lebih dari cukup, (b) kemampuan menulis dongeng siswa kelas VII SMPN 1 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat sesudah menggunakan metode kooperatif tipe jigsaw memperoleh nilai rata-rata 80,24 berada pada rentangan 86-95% berkualifikasi baik sekali, (c) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan menulis dongeng siswa kelas VII SMPN 1 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat karena t hitung (-12,34>0,173).