Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh kompetensi guru terhadap motivasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS pada SMA N 1 Pasaman. 2) pengaruh disiplin belajar terhadap motivasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS pada SMA N 1 Pasaman. 3) pengaruh kompetensi guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS pada SMA N 1 Pasaman. 4) pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS pada SMA N 1 Pasaman. 5) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS pada SMA N 1 Pasaman. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 128. Teknik pengambilan sampel proportional random sampling sebanyak 97 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data dengan metode analisis jalur menggunakan software IBM Amos 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama Kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar ekonomi siswa kelas XI pada SMA N 1 Pasaman, dimana diperoleh nilai koefisien jalur sebesar 0,461 dan thitung sebesar 9,277 > ttabel sebesar 1.98472. Kedua Disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar ekonomi siswa kelas XI pada SMA N 1 Pasaman, dimana diperoleh nilai koefisien jalur sebesar 0,742. dan thitung sebesar 14,945 > ttabel sebesar 1.98472. Ketiga Kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI pada SMA N 1 Pasaman, dimana diperoleh nilai koefisien jalur sebesar 0, 503 dan thitung sebesar 7,661 > ttabel sebesar 1.98472. Keempat Disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap ptrestasi belajar ekonomi siswa kelas XI pada SMA N 1 Pasaman, dimana diperoleh nilai koefisien jalur sebesar 0,460 dan thitung sebesar 5,290 > ttabel sebesar 1.98472. Kelima Motivasi belajar mahasiswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI pada SMA N 1 Pasaman, dimana diperoleh nilai koefisien sebesar 0,231 dan thitung sebesar 2,357 > ttabel sebesar 1.98472. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang diharapkan dan bermanfaat dalam meningkatkan prestasi belajar ekonomi yaitu: pertama bagi seorang guru memberikan dukungan terhadap siswa agar lebih meningkatkan prestasi belajar siswa. Kedua bagi siswa agar meningkatkan disiplin belajar dengan meningkatkan disiplin waktu dan perbuatan serta meningkatkan motivasi belajar agar memperoleh prerstasi belajar yang lebih baik. Ketiga bagi peneliti selanjutnya yang tertarik untuk meneliti topik yang sama, disarankan untuk memperhatikan variabel-variabel lain yang diduga berperan dan mempengaruhi prestasi belajar.