Students’ Gesture in Class Presentation (A Study at Third Year Students of English Tadris IAIN IMAM BONJOL PADANG)
Main Author: | Yolanda, Pramitha |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3194/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3194/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3194/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3194/4/11040141%20YOLANDA%20PRAMITHA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3194/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang dari penelitian ini adalah karena jarang ditemui mahasiswa yang menggunakan gerakan tangan untuk mendukung materi yang disampaikannya pada saat presentasi sehingga pendengar kurang memahami materi yang disampaikan oleh pembicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gaya gerakan tangan yang digunakan mahasiswa dalam kelas presentasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Alat pengambilan data dari penelitian ini adalah observasi ceklis dan video. Data penelitian ini di dapatkan dari mahasiswa tahun ketiga jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di IAIN Imam Bonjol Padang. Peneliti hanya menganalisa mahasiswa yang presentasi saja, sehingga jumlah mahasiswa yang dianalisis adalah sebanyak 20 mahasiswa jurusan pendidikan Bahasa Inggris tahun ketiga. Melalui instrument video dapat digambarkan bagaimana gaya gerakan tangan yang digunakan mahasiswa tahun ketiga jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di IAIN Imam Bonjol. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa ada tiga jenis gaya gerakan tangan yang digunakan oleh mahasiswa disaat presentasi; (1) Conventional Gesture, (2) Descriptive Gesture, dan (3) Emotional Gesture. Sehingga dapat dikategorikan bahwa mahasiswa tahun ketiga jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di IAIN Imam Bonjol Padang lebih sering menggunakan conventional gesture dalam kelas presentasi.