Pengaruh Disiplin Belajar, Komunikasi Interpersonal, dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumbar Angkatan 2014.
Main Author: | Anna, Syaflina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3193/4/12090191%20ANNA%20SYAFLINA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3193/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3193/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3193/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3193/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar, 2) pengaruh komunikasi interpersonal terhadap prestasi belajar, 3) pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar, 4) pengaruh disiplin belajar, komunikasi interpersonal dan tingkat pendidikan orang tua secara bersama-sama terhadap prestasi belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2016. Populsi penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat Angkatan 2014. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanayak 164. Teknik pengambilan sampelnya yaitu proportional random sampling dan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif, dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pertama disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Dimana nilai koefisien sebesar 0,040. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung = 10,034 > ttabel =1,97. Artinya apabila disiplin belajar meningkat sebesar 1% maka disiplin belajar akan meningkat sebesar 0,040 dalam setiap satuannya. Kedua komunikasi interpersonal berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Dimana nilai koefisien sebesar 0,010. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung = 3,929 > ttabel =1,97. Artinya apabila komunikasi interpersonal meningkat sebesar 1% maka disiplin belajar akan meningkat sebesar 0,010 dalam setiap satuannya. Ketiga tingkat pendidikan orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Dimana nilai koefisien sebesar 0,009. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung = 2,966 > ttabel =1,97. Artinya apabila tingkat pendidikan orang tua meningkat sebesar 1% maka disiplin belajar akan meningkat sebesar 0,09 dalam setiap satuannya. Keempat disiplin belajar, komunikasi interpersonal, dan tingkat pendidikan orang tua secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap perstasi belajar. Dimana diperoleh nilai Fhitung 149,726 > Ftabel 2,66. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak.