Pengaruh Lingkungan Sekolah, Pemberian Punhisment,Perhatian Orang Tua dan Kedisiplinan siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIIISMPN 2 Pulau Punjung
Main Author: | Rezki, Rezki |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3192/4/12090170%20REZKI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3192/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3192/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3192/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3192/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1)pengaruhlingkungan sekolahterhadapkedisiplinan siswa mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMPN 2Pulau Punjung.2) pengaruhpemberian punhismentterhadapkedisiplinan siswa mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMPN 2Pulau Punjung.3) pengaruhperhatian orang tua terhadapkedisiplinan siswa mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMPN 2Pulau Punjung. 4) pengaruhlingkungan sekolah terhadaphasil belajar mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMPN 2 Pulau Punjung. 5) pengaruhpemberian punhismentterhadaphasil belajar siswa mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMPN 2 Pulau Punjung. 6) pengaruhperhatian orang tua terhadaphasil belajar siswa mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMPN 2 Pulau Punjung. 7) pengaruhkedisiplinan siswa terhadaphasil belajar siswa mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMPN 2 Pulau Punjung. Waktupenelitianinidilakukanpadabulan Mei 2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas VIII SMPN 2 Pulau Punjung, yang berjumlahsebanyak115orang.Teknik pengambilan sampel dengan Proporsional Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 89 orang. Teknik analisis data yang digunakanadalahteknik analisis deskriptif dan analisis induktif, dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama lingkungan sekolah tidak berpengaruh terhadap kedisiplinan siswa mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMPN 2 Pulau Punjung, dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,084 dan thitung 0,374< ttabel1,988. Keduapemberian punhisment signifikan berpengaruh terhadap kedisiplinan siswa mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMPN2 Pulau Punjung., dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,084 dan thitung 0,446> ttabel1,988. Ketigaperhatian orang tua berpengaruh signifikan terhadap kedisiplinan siswa mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMPN 2 Pulau Punjung, dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,241 dan thitung 2,222> ttabel1,988.Keempatlingkungan sekolah berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMPN 2 Pulau Punjung, dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,167 dan thitung 2,465> ttabel1,988. Kelimapemberian punhisment berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMPN 2 Pulau Punjung, dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,403 dan thitung 4,661 > ttabel1,988. Keenamperhatian orang tua berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMPN 2 Pulau Punjung, dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,263 dan thitung 3,277 > ttabel1,988. Ketujuhkedisiplinan siswa berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswamata pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMPN 2 Pulau Punjung, dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,189 dan thitung 2,431 > ttabel1,988.