Pengaruh Return On Investment (ROI), Cash Ratio, Earning Per Share (EPS) dan Ukuran Perusahaan terhadap Dividen Kas Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2014

Main Author: Delvia, Sulastri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ia
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3189/3/12090127%20DELVIA%20SULASTRI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3189/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3189/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3189/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3189/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh return on investment, cash ratio, earning per share dan ukuran perusahaan terhadap dividen kas perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan Consumer Goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2014, dengan populasi sebanyak 38 Perusahaan dan sampel sebanyak 15 Perusahaan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari idx Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif, dengan bantuan program Eviews versi 7 Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1)return on investment berpengaruh positif dan signifikan terhadap dividen kas Perusahaan Consumer Goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2014 koefisien regresi β Return On Investment (ROI) bernilai positif sebesar 1.060688, nilai thitung sebesar 6.189669 dan nilai signifikansi 0.000<0.05. 2) cash ratio tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap dividen kas Perusahaan Consumers Goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2014, koefisien β cash ratio bernilai positif 0.019816, nilai thitung sebesar 0.181014 dan nilai signifikansi 0.8569< 0.05. 3) earning per share berpengaruh positif dan signifikan terhadap dividen kas perusahaan Consumer Goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2014, koefisien β earning per share (EPS) bernilai positif sebesar 0.292543 nilai thitung sebesar 6.845279 dan nilai signifikansi 0.000 < 0.05. 4) ukuran Perusahaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap dividen kas perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2014, koefisien β ukuran perusahaan bernilai positif sebesar 0.826376 nilai thitung sebesar 12.57752 dan nilai signifikansi 0.000 < 0.05. 5) Hasil uji F menunjukkan probabilitas F-statisik yang diperoleh pada Dividen kas sebesar 0.000000 lebih kecil dari sig (0,05). Dengan demikian variabel return on investment, cash ratio, eaning per share dan ukuran perusahn secara bersama-sama berpengaruh terhadap dividen kas perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2014. Untuk itu, penulis menyarankan bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat memasukkan variabel lain agar hasil penelitian terhadap Dividen kas lebih tepat dan akurat.