Hubungan Membaca Kritis dengan Keterampilan Menulis Paragraf Eksposisi Siswa Kelas X SMA N 3 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Lisa Wulandari, Lisa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3172/3/12080130%20Lisa%20Wulandari%20%28Skripsi%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3172/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3172/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3172/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3172/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pertama, berkurangnya kemampuan membaca kritis siswa dalam paragraf eksposisi sehingga siswa kesulitan menuangkan ide/gagasan ke dalam sebuah tulisan eksposisi. Kedua, siswa tidak mampu menulis eksposisi, dikarenakan siswa belum menguasai materi atau konsep tentang eksposisi. Ketiga, sarana dan prasarana di sekolah belum memadai sehingga kemampuan membacanya masih minim pada tulisan eksposisi. Tujuan penelitian ini. Pertama, mendeskripsikan kemampuan membaca kritis siswa kelas X SMA N 3 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis paragraf eksposisi siswa kelas X SMA N 3 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Ketiga, mendeskripsikan hubungan membaca kritis dengan keterampilan menulis Paragraf eksposisi siswa kelas X SMA N 3 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 3 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah 187 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportional random sampling, sampel berjumlah 30 orang. Variabel penelitian ini yaitu kemampuan membaca kritis siswa kelas X SMA N 3 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan dan keterampilan menulis paragraf eksposisi siswa kelas X SMA N 3 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Data penelitian diperoleh dengan dua jenis tes, yaitu tes objektif dan tes unjuk kerja. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan membaca kritis sedangkan tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan menulis paragraf eksposisi. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat tiga simpulan yang diperoleh. Pertama, kemampuan membaca kritis siswa berada pada kualifikasi cukup dengan nilai 64,90 pada tingkat penguasaan 56-66%. Kedua, keterampilan menulis paragraf eksposisi siswa berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan nilai 71,39 pada tingkat penguasaan 66-75%. Ketiga, berdasarkan uji-t, H1 diterima sedangkan H0 ditolak pada taraf signifikan 0,95% dengan derajat kebebasan (dk) = n-2 karena thitung > ttabel yaitu 3,928>1,70. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca kritis dengan keterampilan menulis paragraf eksposisi memiliki hubungan yang signifikan.