Pengaruh Persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru, Perhatian orang tua dan Kesiapan belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII MTsN Lembah Gumanti

Main Author: Delviza, Suryani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3171/4/12090072%20%20DELVIZA%20SURYANI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3171/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3171/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3171/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3171/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru, Perhatian orang tua dan Kesiapan belajar secara bersama-sama terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di kelas VII MTsN Lembah Gumanti Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTsN Lembah Gumanti tahun ajaran 2015/2016, terdiri dari tujuh lokal dengan jumlah siswa sebanyak 266 orang siswa dan sampel yang diambil adalah 160. Pengambilan sampel menggunakan teknik Proprorsional Random Sampling. Teknik analisis yang digunakan analisis deskriptif dan analisis induktif, yaitu uji li elihood, uji ramsey, uji multikolinearitas, uji normalitas, uji heteroskedastisi as, uji autokorelasi, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi (R ) serta uji hipotesis yang menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian: 1) terdapat pengaruh positif n signifikan antara Persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru (X ) terhadap Motivasi Belajar Siswa (Y) Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII M sN Lemba Gumanti dengan nilai koefisien regresi 0,410 dan thitung (10,795) > ttabel (1 7519). 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Perhatian Orang Tua (X ) terhadap Motivasi Belajar Siswa (Y) Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII MTsN Lemb Gumanti dengan nilai koefisien regresi 0,122 dan thitung (2,540) > ttabel (1,97519) ) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kesiapan Belajar Siswa (X ) terhadap Motivasi Belajar Siswa (Y) Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII MTsN Lembah Gumanti dengan nilai koefisien regresi 0,216 dan thitung (4,005) > ttabel (1,97519) 4) terdapat pengaruh signifikan antara Persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru, Perhatian Orang Tua dan Kesiapan Belajar Siswa secara bersama-sama terhadap terhadap Motivasi Belajar Siswa (Y) Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII MTsN Lembah Gumanti dengan nilai @ 3,942 serta Fhitung (74,006) > dari Ftabel (2,66). Dengan demikian disarankan kepada guru agar selalu berusaha keras meningkatkan keterampilan mengajar agar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, dan kepada orang tua sebaiknya dapat meningkatkan perhatian kepada anaknya agar motivasi anak dalam belajar meningkat serta siswa sebaiknya memiliki kesiapan belajar naik dari segi fisik, mental, emosionla, kebutuhan dan pengetahuan.