Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sintuk Toboh Gadang, Kabupaten Padang Pariaman

Main Author: Mella, Fitri Andriani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/317/3/13080029%20MELLA%20FITRI%20ANDRIANI%20Oke%20Flipping.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/317/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/317/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/317/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/317/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan siswa dalam menulis teks eksplanasi. Untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi digunakan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi sebelum menggunakan model Problem Based Learning (PBL) siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi sesudah menggunakan model Problem Based Learning (PBL) siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman, dan mendeskripsikan pengaruh penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan rancangan penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018 berjumlah 128 siswa. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling, sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 yang berjumlah 23 siswa. Variabel penelitian ini adalah model Problem Based Learning (PBL) sebagai variabel bebas (X) dan keterampilan menulis teks eksplanasi sebagai variabel terikat (Y). Data penelitian ini adalah skor tes unjuk kerja keterampilan menulis teks eksplanasi sebelum dan sesudah menggunakan model Problem Based Learning (PBL) siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, nilai rata-rata keterampilan menulis teks eksplanasi sebelum menggunakan model Problem Based Learning (PBL) siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman adalah 55,43 pada rentangan 55-65% dengan kualifikasi Cukup (C). Kedua, nilai rata-rata keterampilan menulis teks eksplanasi sesudah menggunakan model Problem Based Learning (PBL) siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman adalah 71,38 pada rentangan 66-75% dengan kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC). Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman dengan thitung > ttabel (5,98> 1,72).