Hubungan Kemampuan Memahami Teks Wawancara dengan Kemampuan Menulis Paragraf Narasi Ekspositoris Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 V Koto Timur Pariaman
Main Author: | Santi Reflira, Santi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3168/2/12080127%20Santi%20Reflira%20%28Skripsi%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3168/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3168/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3168/4/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3168/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lima masalah. Pertama, minat siswa rendah dalam belajar terutama memahami atau membaca sebuah teks wawancara. Kedua, Siswa kurang serius atau fokus dalam membaca atau memahami sebuah teks wawancara. Ketiga, siswa sulit mengembangkan topik yang telah ditentukan. Keempat, siswa sulit mengukapkan ide-ide. Kelima, siswa sulit memilih kata-kata yang tepat dalam menulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hubungan kemampuan memahami teks wawancara dengan kemampuan menulis paragraf narasi ekspositoris siswa kelas VII SMP Negeri 1 V Koto Timur Pariaman. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 V Koto Timur Pariaman yang berjumlah 104 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportional random sampling, sampel berjumlah 26 orang. Variabel penelitian ini adalah, variabel (X) yaitu kemampuan memahami teks wawancara siswa kelas VII SMP Negeri 1 V Koto Timur Pariaman dan variabel (Y) yaitu kemampuan menulis paragraf narasi ekspositoris siswa kelas VII SMP Negeri 1 V Koto Timur Pariaman. Data penelitian diperoleh dengan dua jenis tes, yaitu tes objektif dan tes unjuk kerja. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan memahami teks wawancara, sedangkan tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan menulis paragraf narasi ekspositoris. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat tiga simpulan yang diperoleh. Pertama, kemampuan memahami teks wawancara siswa kelas VII SMP Negeri 1v Koto Timur Pariaman berada pada kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata 84,75 dan berada pada rentangan 76-85%. Kedua, kemampuan menulis paragraf narasi ekspositoris siswa kelas VII SMP Negeri 1 V Koto Timur Pariaman berada pada kualifikasi cukup (C) dengan nilai rata-rata 62,38 dan berada pada rentangan 56-65%. Ketiga, berdasarkan uji-t, H1 diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = n-2 karena thitung>ttabel yaitu 2,75>1,71. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa kemampuan memahami teks wawancara berhubungan dengan kemampuan menulis paragraf narasi ekspositoris siswa kelas VII SMPN 1 V Koto Timur Pariaman.