Pengaruh Kreatifitas Siswa, Disiplin Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP N 30 Padang
Main Author: | FIL KUMARA, AYUZA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3150/4/11090188%20FIL%20KUMARA%20AYUZA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3150/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3150/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3150/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3150/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) pengaruh kreatifitas belajar secara parsial terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP N 30 Padang, 2) pengaruh displin belajar secara parsial terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP N 30 Padang, 3) pengaruh minat belajar secara parsial terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP N 30 Padang. 4) pengaruh kreatifitas siswa, disiplin belajar dan minat belajar secara stimultan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP N 30 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini semua siswa keals VIII di SMP N 30 Padang sebanyak 179 sampel. Pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup untuk mengetahui pengaruh kreatifitas belajar, disiplin belajar, dan minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas VIII SMPN30 Padang dengan digunakan uji t dan uji F. Hasil analisis data menunjukan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara kreatifitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP N 30 Padang, dimana nilai thitung 2,525>ttabel 1,97361 dan nilai signifikan 0,012< α 0,05; (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara displin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP N 30 Padang, dengan thitung 2,149 > ttabel 1,97361 dan nilai signifikan 0,033 < α 0,05;(3) terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP N 30 Padang, dimana nilai thitung 2,114 > ttabel 1,97361 dan nilai signifikan 0,036 < α 0,05;(4) terdapat pengaruh yang signifikan antara kreatifitas belajar, displin belajar, dan minat belajar dimana nilai koefisien dengan Fhitung 4,049 > Ftabel 3,05. Besarnya pengaruh kreatifitas belajar, displin belajar, dan minat belajar yaitu 76,5% dan sisanya 23,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini.