Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) pengaruh budaya membaca terhadap hasil belajar. 2) pengaruh pendidikan karakter terhadap hasil belajar siswa. 3) pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar siswa. 4) pengaruh budaya membaca, pendidkan karakter dan efikasi diri seberapa besar terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA N 12 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa ekonomi kelas X SMA N 12 Padang sebanyak 193 populasi dan populasi sampel 131 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup. Untuk menguji hipotesis digunakan uji t dan uji F. Hasil analisis data menunjukan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara budaya membaca terhadap hasil belajar, dengan nilai koefisien 0,512 dan thitung = 2,419, serta signifikan sebesar 0,017 (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara pendidikan karakter dengan hasil belajar siswa, dengan nilai koefisien 0,846 dan thitung = 3,423, serta signifikan sebesar 0,001 (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara efikasi diri dengan hasil belajar siswa, dengan nilai koefisien 0,520 dan thitung = 2,290, serta signifikan sebesar 0,024 (4) terdapat pengaruh yang signifikan antara budaya membaca, pendidikan karakter dan efikasi diri terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA N 12 Padang, dimana nilai koefisien dengan Fhitung = 27,615, serta signifikan sebesar 0,000. Besarnya pengaruh budaya membaca, pendidikan karakter dan efikasi diri terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA N 12 Padang yaitu 39,5% dan sisanya 61,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Dengan adanya penelitian ini disarankan kepada guru agar tidak hanya sekedar mengajarkan pelajaran saja kepada siswa tetapi diharapkan bisa memberikan arahan-arahan kepada siswa agar siswa bersemangat dalam belajar. Untuk itu siswa agar dituntut untuk bisa menjaga hubungan sesama siswa, saling bekerja sama, dan saling membatu memecahkan masalah. Dengan adanya hubungan yang baik akan dapat meningkatkan hasil belajar dengan baik.