Pengaruh Pemberian Tugas, Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan Minat Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII DI SMPN 17 Padang

Main Author: Astrid Ivo, Silvia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3146/4/11090150%20ASTRID%20IVO%20SILVIA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3146/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3146/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3146/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3146/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Pengaruh Pemberian Tugas terhadap pretasi belajar di SMP N 17 Padang, 2) Pengaruh Usaha Kesehatan Sekolah terhadap prestasi belajar di SMP N 17 Padang, 3) Pengaruh minat beajar terhadap prestasi belajar di SMP N 17 Padang, 4) Pengaruh pemberian tugas, usaha kesehatan sekolah, dan minat belajar terhadap Pretasi belajar di SMP N 17 Padang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2016.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di SMP N 17 Padang tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 285 orang. Teknik pengambilan sampel dengan teknik non random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 165 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil analisa data menunjukkan bahwa Pertama pemberian tugas diperoleh nilai koefisien sebesar 0,147, angka ini signifikan karena nilai thitung≥ ttabel (1,548 > 1,65403) berarti Ho ditolak dan Ha diterima artinya pemberian tugas berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar di SMP N 17 Padang.;Kedua usaha kesehatan sekolah diperoleh nilai koefisien sebesar 0,247, angka ini signifikan karena nilai thitung≥ ttabel (5,325 > 1,65403) berarti Ho ditolak dan Ha diterima, artinya usaha kesehatan sekolah berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar di SMP N 17 Padang.; Ketiga minat belajar diperoleh nilai koefisien sebesar 0,216, angka ini signifikan karena nilai thitung≥ ttabel (3,126 > 1,65403) berarti Ho ditolak dan Ha diterima, artinya minat belajar siswa berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar di SMP N 17 Padang.; Keempat Tingkat pemberian tugas, usaha kesehatan sekolah, dan minat belajar siswa berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar, hal ini dapat dilihat pada nilai Fhitung≥ F tabel (86,161 ≥ 2,66) dan nilai sig ≤ alpha (0,000 ≤ 0,05). Secara keseluruhan siswa diharapkan lebih rajin mengerjakan tugas, menjaga kesehatan dan lebih giat lagi khususnya jika siswa memiliki ketekunan dalam mengerjakan tugas, kesehatan yang baik, dan minat belajar, dalam mengikuti pelajaran maka besar kemungkinan hasil yang didapat akan lebih baik lagi. Selain siswa pihak sekolah seperti guru, kepala sekolah lebih memperhatikan siswa agar siswa lebih giat lagi untuk belajar, baik belajar sendiri maupun belajar secara kelompok untuk menciptakan proses belajar yang lebih baik.