Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Guru Menjelaskan, Penggunaan Media Pembelajaran, Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA N 1 Bonjol
Main Author: | Syidik, Ferizal |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3143/4/11090116%20SYIDIK%20FERIZAL.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3143/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3143/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3143/2/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3143/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk melihat Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Guru Menjelaskan, Penggunaan Media Pembelajaran, Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA N 1 Bonjol. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa ekonomi kelas XI IPS di SMA N 1 Bonjol tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 135 orang siswa.. Pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling dengan jumlah sampel sebesar 100 orang. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup. Secara parsial dan simultan terhadap hasil belajar digunakan teknik uji t dan uji F. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan pengaruh positif bahwa (1) persepsi siswa tentang keterampilan guru menjelaskan berpengaruh positif terhadap Hasil Belajar. Dimana terdapat nilai koefisien regresi sebesar 0,938 dan thitung (5,617) > nilai ttabel (0,67). (2) Penggunaan Media Pembelajaran berpengaruh positif terhadap Hasil Belajar. Dimana terdapat nilai koefisien regresi sebesar 0,566 dan thitung (7,273) > nilai ttabel (0,67). (3) Motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Dimana terdapat nilai koefisien regresi sebesar 0,109 dan thitung (3,339) > nilai ttabel (0,67). (4) persepsi siswa tentang keterampilan guru menjelaskan, penggunaan media pembelajaran, dan motivasi belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dengan Fhitung (168,201) > nilai Ftabel (3,09), dengan taraf signifikan sebesar 0,000 < = 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan koefisien determinasi (R2) sebesar (0,840), hal ini berarti 84% hasil belajar dipengaruhi oleh variabel persepsi siswa tentang keterampilan guru menjelaskan, penggunaan media pembelajaran, dan motivasi belajar tehadap hasil belajar. Sedangakan sisanya 16% jelas dipengaruhi oleh sebab-sebab lain yang ada diluar penelitian ini. Disarankan kepada semua siswa bermotivasi dalam belajar karena terdapat nilai TCR terendah pada indicator menunjukkan minat terhadap macam-macam masalah yaitu sebesar 69,53 %. Disarankan kepada guru dalam penggunaan media pembelajaran, hendaklah teliti karena terdapat nilai TCR terendah pada indicator cara guru menggunakan media yaitu sebesar 74,84%. Disarankan guru hendaknya memberikan penjelaskan. Karena terdapat nilai TCR terendah pada indicator analisis dan perencanaan instrumen yaitu sebesar 75,76%.