Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share Berbantuan Media Audio Visual terhadap Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Batang Kapas

Main Author: Neta, Dalyati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/314/1/13080023%20NETA%20DALYATI%20oke%20Flipping.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/314/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/314/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/314/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/314/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal berikut ini. Pertama, siswa kurang menyukai pembelajaran menulis khususnya menulis paragraf deskripsi. Kedua, siswa mengalami kesulitan untuk mengembangkan setiap kalimat per kalimat untuk menjadi satu kesatuan utuh sebuah paragraf deskripsi. Ketiga, siswa kesulitan menuangkan ide-ide ke dalam bentuk tulisan sehingga hanya terfokus dengan contoh yang diberikan guru. Keempat, siswa mengalami kesulitan dalam menyusun paragraf deskripsi. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe (TPS) berbantuan media audio visual terhadap kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Kapas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen jenis One Group pretest-postest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Kapas yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018 sebanayak 110 siswa. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling, sampel pada penelitian ini adalah kelas X.3 yang berjumlah 21 orang. Variabel penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe (TPS) berbantuan media audio visual sebagai variabel bebas dan kemampuan menulis paragraf deskripsi sebagai variabel terikat. Data penelitian ini adalah skor tes unjuk kerja keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Kapas Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama,keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa kelas X.3 SMA N 2 Batang Kapas sebelum (pretest) menggunakan model tipe TPS berbantuan media audio visual dengan nilai rata-rata 60, 84 pada kualifikasi Cukup (C) pada rentangan 56-65%. Kedua, keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa kelas X.3 SMA N 2 Batang Kapas sesudah (posttest) menggunakan model (TPS) berbantuan media audio visual dengan nilai rata-rata 75,65 pada kualifikasi Baik dengan rentangan 76-85%. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model (TPS) berbantuan media audio visual dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi siswa kelas X.3 SMA N 2 Batang Kapas dengan thitung (9,86) > ttabel (1,72).