Daftar Isi:
  • Perkembangan kurikulum dari KTSP/kurikulum 2006 menjadi kurikulum 2013 merupakan salah satu usaha yang dilakukan pemerintah untuk kualitas pendidikan yang lebih baik di Indonesia. Perubahan kurikulum juga berdampak pada model pembelajaran di sekolah. Pada kurikulum 2013 salah satu pendekatan yang direkomendasikan adalah pendekatan pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning). Pembelajaran berbasis proyek mampu untuk mewujudkan tujuan dari kurikulum 2013 yaitu menghasilkan peserta didik yang produktif, kreatif dan mampu berinovasi.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara guru dalam menerapkan pendekatan pembelajaran berbasis proyek pada pengajaran bahasa Inggris di SMPN 31 Padang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini adalah dua orang guru bahasa Inggris yang mengajar di SMPN 31 Padang. Dalam menetukan partisipan, peneliti menggunakan teknik purposive sampling.Dalam pengumpulan data, peneliti melakukan pengamatan (observation checklist and note taking). Hasil dari pengamatan di kelas yaitu dengan mecheklis langkah-langkah pembelajaran berbasis proyek yang diterapkan guru selama proses pengajaran bahasa Inggris mendeskripsikan bagaimana cara guru dalam penerapan pendekatan pembelajaran berbasis proyek. Dalam menganalisa data, peneliti menggunakan teori dari Gay and Airasianyaitumengumpulkan data, selanjutnyamembacadanmembuatcatatan, lalumendeskripsikan data selanjutnyamenginterpretasikan data tersebut. Setelah menganalisa data peneliti mendapatkan hasil bahwa penerapan pembelajaran berbasis proyek pada pengajaran bahasa Inggris di SMPN 31 padang sudah bagus tetapi belum optimal karena masih ada salah satu langkah-langkah dari pembelajaran berbasis proyek yang belum diterapkan oleh guru dikelas.