Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Pasaman

Main Author: Mira, Andani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/312/3/13080022%20MIRA%20ANDANI%20oke%20Flipping.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/312/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/312/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/312/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/312/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya keterampilan siswa dalam menulis teks cerita fantasi. Salah satu model yang dapat mengatasi permasalahan rendahnya keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa adalah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) berbantuan media gambar dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pasaman tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) berbantuan media gambar. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pasaman dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) berbantuan media gambar. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) berbantuan media gambar terhadap keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pasaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasy-experimental research). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pasaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 125 siswa. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah simple random sampling, sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas kontrol sebanyak 25 siswa dan kelas eksperimen sebanyak 25 siswa. Variabel penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) berbantuan media gambar sebagai variabel bebas dan keterampilan menulis teks cerita fantasi sebagai variabel terikat. Data penelitian ini adalah skor tes unjuk kerja keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pasaman. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, nilai rata-rata keterampilan menulis teks cerita fantasi tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) berbantuan media gambar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pasaman adalah 64,27 dengan kualifikasi cukup (C). Kedua, nilai rata-rata keterampilan menulis teks cerita fantasi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) berbantuan media gambar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pasaman adalah 79,47 dengan kualifikasi baik (B). Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) berbantuan media gambar terhadap keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pasaman dengan thitung > ttabel (5,10 >1,67).