Persepsi Peserta Didik tentang Keterampilan Komunikasi Guru BK dalam Layanan Informasi di Kelas XI SMA N 1 Ulakan Tapakis
Main Author: | Mardiatun,, Mardiatun, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3116/4/12060274%20MARDIATUN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3116/3/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3116/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3116/1/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3116/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan fenomena di lapangan, yaitu guru BK saat memberikan layanan khususnya layanan informasi masih monoton karena ketika menyampaikan informasi dengan berceramah di kelas. Kemudian pada saat memberikan pertanyaan yang disampaikan oleh guru BK itu belum jelas dan peserta didik tidak mengerti dengan pertanyaan yang diajukan oleh guru BK. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) Persepsi peserta didik tentang keterampilan komunikasi guru BK dilihat dari kemampuan saling memahami. 2) Persepsi peserta didik tentang keterampilan komunikasi guru BK dilihat dari kemampuan mengkomunikasikan pikiran dan perasaan secara tepat dan jelas. 3) Persepsi peserta didik tentang keterampilan komunikasi guru BK dilihat dari kemampuan saling menerima dan saling memberi dukungan atau bahkan saling tolong menolong. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif, populasi sebanyak 206 peserta didik, dengan jumlah sampel sebanyak 62 peserta didik, mengunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang akan digunakan dalam penelitian angket sedangkan untuk melaksanakan analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian yang dilakukan mengungkapkan adalah sebagai berikut: 1)Keterampilan komunikasi guru BK dilihat dari kemampuan saling memahami berada pada kriteria baik. (2) keterampilan komunikasi guru BK dilihat dari kemampuan mengkomunikasikan pikiran dan perasaan secara tepat dan jelas berada pada kriteria baik dan cukup baik. (3) Keterampilan komunikasi guru BK dilihat dari kemampuan saling menerima dan saling memberi dukungan atau bahkan saling tolong menolong berada pada kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti merekomendasikan kepada guru BK agar lebih meningkatkan keterampilan komunikasinya dalam pemberian layanan khususnya layanan informasi agar peserta didik bisa memahami isi dari topik layanan yang diberikan