Peran Guru BK dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Underachiever di Kelas XII IPS2 SMAN 1 Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman
Main Author: | Sri, Wahyuni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3113/4/12060273%20SRI%20WAHYUNI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3113/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3113/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3113/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3113/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang tidak memiliki motivasi untuk belajar, adanya peserta didik yang sering ribut di lokal, adanya interaksi sosial peserta didik masih kurang diterapkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) Peran guru BK dalam meningkatkan motivasi intrinsik peserta didik underachiever dalam belajar. 2) Peran guru BK dalam meningkatkan motivasi ekstrinsik peserta didik underachiever dalam belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini di SMAN 1 Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman, adapun informan kunci penelitian yaitu dengan satu orang guru BK dan dua orang informan tambahan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa peran guru BK dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik underachiever yaitu: 1. Peran guru BK dalam meningkatkan motivasi intrinsik peserta didik underachiever dimana guru BK sudah berperan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik underachiever dalam belajar, terlihat dari kehadiran dan tugas-tugas yang dikerjakan oleh peserta didik tersebut, dan sudah adanya keinginan dari peserta didik underachiever untuk belajar dengan sungguh-sungguh. 2. Peran guru BK dalam meningkatkan motivasi ekstrinsik peserta didik underachiever, adanya dorongan dari guru BK terhadap peserta didik underachiever sehingga peserta didik termotivasi dan bersemangat untuk mengikuti kegiatan belajar di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan agar peserta didik underachiever bersemangat dan bersungguh-sungguh dalam belajar serta mempunyai motivasi yang tinggi untuk belajar sehingga peserta didik bisa meningkatkan hasil belajarnya yang lebih baik lagi.