Penelitian Komparatif antara siswa yang berkepribadian extrovert dan introvert dalam kemampuan berbicara mereka pada mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Inggris, tahun akademik 2016/2017 di STKIP PGRI Sumatera Barat

Main Author: Yufebri, Rahmadina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/310/2/12040244%20%20YUFEBRI%20RAHMADINA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/310/1/Abstract.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/310/3/Conclusion.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/310/4/References.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/310/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang berarti antara kemampuan berbicara siswa yang berkepribadian extrovert dengan siswa yang berkepribadian introvert. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif, dimana partisipasinya adalah mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Inggris tahun akademik 2016/2017 di STKIP PGRI Sumatera Barat. Teknik pengambilan data adalah dengan cara Purposive Sampling. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil data dengan cara memberikan lembaran angket kepada mahasiswa khususnya di kelas 2016A dan 2016B yang berjumlah 75 mahasiswa untuk mengetahui siswa yang berkepribadian extrovert dan introvert. Setelah mengetahui siswa yang berkepribadian extrovert dan introvert, peneliti menghitung nilai kemampuan berbicara siswa. Berdasarkan hasil dari angket dan nilai kemampuan berbicara siswa menunjukan bahwa adanya perbedaan antara siswa yang berkepribadian extrovert dan siswa yang berkepribadian introvert dalam kemampuan berbicara mereka. Hal ini dibuktikan dengan hasil akhir dari thitung (2,15) lebih tinggi dibandingkan dengan ttabel (1,70). Jadi dapat disimpulkan, pada penelitian ini, hipotesis null (H0) ditolak bahwa terdapat perbedaan yang berarti antara siswa yang berkepribadian extrovert dan siswa yang berkepribadian introvert pada kemampuan berbicara mereka. Pada penelitian ini ditemukan bahwa siswa yang berkepribadian introvert memiliki kemampuan berbicara lebih baik dibandingkan dengan siswa yang berkepribadian extrovert, hal ini dibuktikan dengan nilai rata rata kemampuan berbicara siswa yang berkepribadian introvert adalah 82,73, lebih tinggi daripada siswa yang berkepribadian extrovert dengan rata-rata nilai kemampuan berbicara 77,60.