Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di Kelas VIII SMP Negeri 18 Padang
Main Author: | Syerly Pramata, Ismen |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3096/4/12060223%20SYERLY%20PRAMATA%20ISMEN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3096/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3096/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3096/2/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3096/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan yang diteliti berdasarkan adanya fenomena dari beberapa wawancara maupun dari hasil observasi, yaitu: untuk melihat gambaran metode resitasi pada proses pembelajaran, gambaran motivasi belajar peserta didik, dan pengaruh penerapan metode resitasi terhadap motivasi belajar peserta didik. Jenis penelitian ini digolongkan pada penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan analisis statistik regresi dengan populasi seluruh peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 18 Padang berjumlah 307 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional stratified random sampling dengan jumlah 75 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket, sedangkan untuk analisis data menggunakan teknik persentase kemudian menganalisisnya dengan regresi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa gambaran metode resitasi pada proses pembelajaran dengan kategori baik, gambaran dari motivasi belajar peserta didik dengan kategori tinggi, sedangkan pengaruh penerapan metode resitasi terhadap motivasi belajar peserta didik terdapat kecilnya pengaruh dari penerapan metode resitasi terhadap motivasi belajar peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 18 Padang dengan nilai R sebesar 2,5% dan signifikansi sebesar 0,833. Kecilnya pengaruh metode resitasi terhadap motivasi belajar peserta didik yang disebabkan beberapa faktor yang mempengaruhi motivasi belajar peserta didik. Peneliti menyarankan kepada guru-guru agar lebih memperdalam metode pembelajaran dalam mengembangkan motivasi yang dimiliki peserta didik.