Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang belum disiplin, dan sering melanggar tata tertib yang telah ditetapkan disekolah.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1) Gambaran kedisiplinan peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Lembang Jaya Kabupaten Solok sebelum diberikan layanan informasi. 2) Gambaran kedisiplinan peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Lembang Jaya Kabupaten Solok setelah diberikan layanan informasi. 3) keefektifan layanan informasi dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Lembang JayaKabupaten solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pendekatan penelitian adalah pra eksperimen dengan rancangan one group pretest and posttest design digunakan untuk melihat apakah ada peningkatan kedisiplinan peserta didik setelah diberikan layanan informasi dengan yang sebelum diberikan layanan informasi. Teknik penarikan sampel adalah total sampling karena populasi dalam penelitian ini kurang dari 100. Penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan angket pada pretest kemudian diberikan treatment sebanyak 3 kali lalu dilakukan posttest untuk melihat tingkat kedisiplinan peserta didik, untuk mengetahui tingkat keberhasilan layanan informasi dianalisis dengan teknik persentase dan test-t menggunakan program microsoft excel 2007. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Gambaran kedisiplinan peserta didik sebelum diberikan layanan informasi berada pada kategori kurang baik. 2). Gambaran kedisiplinan peserta didik setelah diberikan layanan informasi berada pada kategori cukup baik 3) Adanya peningkatan kedisiplinan peserta didik setelah diberikan layanan informasi yang dapat digambarkan melalui uji beda antara kedisiplinan peserta didik sebelum diberikan layanan informasi dengan setelah diberikan layanan informasi menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan, ini berarti layanan informasi yang diberikan dapat meningkatkan kedisiplinan peserta didik. Hasil penelitian ini direkomendasikan kepada peserta didik, guru BK, kepala sekolah dan peneliti selanjutnya.