Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Kreativitas Anak di TK/PAUD Al-Ikram Ladang Konsi Kabupaten Solok Selatan
Main Author: | Siska Neval, Proida |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3074/3/12060206%20SISKA%20NEVAL%20PROIDA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3074/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3074/4/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3074/2/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3074/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya terdapat faktor-faktor yang menghambat perkembangan kreativitas anak. Dalam hal ini, tentu tidak semua anak terhambat kreativitasnya, meskipun lingkungan tidak mendukung, akan tetapi ada anak yang masih kreatif. Penelitian ini ditujukan untuk melihat: 1) faktor pendukung kreativitas anak dilihat dari lingkungan sekolah. 2) faktor pendukung kreativitas anak dilihat dari lingkungan keluarga. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun yang menjadi informan penelitian adalah: 1) Informan kunci yaitu guru dan orang tua, 2) Informan tambahan yaitu sepupu orang tua. Instrumen yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara. Analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Faktor pendukung kreativitas anak di sekolah adalah karena bentuk dan interaksi guru dan peserta didik di dalam kelas sehingga mampu mengembangkan kecakapan kreativitas peserta didik yaitu dengan menghormati pertanyaan-pertanyaan peserta didik yang tidak biasa, menghormati gagasan-gagasan yang tidak biasa serta imajinatif dari peserta didik, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar atas prakarsa sendiri, memberi penghargaan kepada peserta didik dan meluangkan waktu bagi peserta didik untuk belajar dan bersibuk diri tanpa suasana penilaian, 2) Faktor pendukung kreativitas anak di keluarga adalah karena sikap orang orang tua yang dapat memupuk kreativitas anak yaitu dengan menghargai pendapat anak dan mendorongnya untuk mengungkapkannya, memberi waktu pada anak untuk berfikir, merenung dan mengkhayal, membiarkan anak mengambil keputusan sendiri, mendorong kesulitan anak, meyakinkan anak bahwa orang tua menghargai apa yang ingin dicoba, dilakukan, dan apa yang dihasilkannya, menunjang dan mendorong kegiatan anak, menikmati keberadaan bersama anak, memuji anak dengan sungguh-sungguh, mendorong kemandirian anak, serta melatih hubungan kerjasama yang baik dengan anak. Untuk itu, peneliti merekomendasikan agar orang tua dan guru bisa memberikan rangsangan dan motivasi yang dapat menumbuhkan dan mengembangkan kreativitas yang dimiliki anak.