Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Keterampilan Menulis Resensi Siswa Kelas XI SMA Negeri 12 Padang
Main Author: | Fifi, Oktavia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/306/1/13080002%20FIFI%20OKTAVIA%20ok%20Flip.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/306/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/306/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/306/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/306/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menceritakan kembali isi fabel. Untuk melatih siswa agar mampu dalam menceritakan kembali isi fabel digunakan metode picture and picture dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menceritakan kembali isi fabel tanpa menggunakan metode picture and picture siswa kelas VII SMP Negeri 5 Gunung Talang Kabupaten Solok, mendeskripsikan kemampuan menceritakan kembali isi fabel dengan menggunakan metode picture and picture siswa kelas VII SMP Negeri 5 Gunung Talang Kabupaten Solok, dan mendeskripsikan pengaruh metode picture and picture terhadap kemampuan menceritakan kembali isi fabel siswa kelas VII SMP Negeri 5 Gunung Talang Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Gunung Talang Kabupaten Solok yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 112 siswa. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah simpel random sampling, sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas kontrol sebanyak 21 orang dan kelas eksperimen sebanyak 22 orang. Variabel penelitian ini adalah metode picture and picture sebagai variabel bebas dan kemampuan menceritakan kembali isi fabel sebagai variabel terikat. Data penelitian ini adalah skor tes unjuk kerja kemampuan menceritakan kembali isi fabel siswa kelas VII SMP Negeri 5 Gunung Talang Kabupaten Solok. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, nilai rata-rata kemampuan menceritakan kembali isi fabel tanpa menggunakan metode picture and picture siswa kelas VII SMP Negeri 5 Gunung Talang Kabupaten Solok adalah 55,33 dengan kualifikasi hampir cukup (HC). Kedua, nilai rata-rata kemampuan menceritakan kembali isi fabel dengan menggunakan metode picture and picture siswa kelas VII SMP Negeri 5 Gunung Talang Kabupaten Solok adalah 65,15 dengan kualifikasi lebih dari cukup (LdC). Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode picture and picture terhadap kemampuan menceritakan kembali isi fabel siswa kelas VII SMP Negeri 5 Gunung Talang Kabupaten Solok dengan thitung > ttabel (3,96>1,68).