Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya teknik control kelas yang digunakan dalam mengajar bahasa Inggris. Teknik control kelas merupakan bagian penting yang harus dipahami guru khususnya guru bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana seorang guru mengimplementasikan teknik kontrol kelas dalam mengajar bahasa Inggris.Partisipan dalam penelitian ini adalah guru bahasa Inggris SMPN 11 Solok Selatan. Adapun jumlah guru bahasa Inggris disekolah itu adalah 2 orang. Dalam menentukan partisipan, peneliti mengunakan total sampling teknik. Maka, peneliti menetapkan kedua guru tersebut menjadi partisipan dalam penelitian ini.Dalam mengumpulkan data, peneliti mengunakan video dan observation checklist, Kedua instrumen tersebut digunakan untuk melihat bagaimana guru mengimplementasikan teknik kontrol kelas dalam mengajar bahasa Inggris di SMPN 11 Solok Selatan.Dalam proses penelitian ini peneliti mengumpulkan data melalui observasi ceklis dengan menggunakan catatan lapangan dan video rekorder untuk menemukan bagaimana guru bahasa Inggris dalam mengimplementasikan teknik kontrol kelas dalam belajar bahasa Inggris. Dalam menganalisa data yang diperoleh dari hasil observasi dan video, peneliti mengunakan tahap analisa data deskriftif yang di usulkan oleh Gay dan Airasian. Setelah menganalisis data observasi ceklis dan video rekorder, peneliti menemukan bahwa kedua partisipan telah mengimplementasikan setiap teknik mengontrol kelas selama pembelajaran bahasa Inggris. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa guru bahasa Inggris di SMPN 11 Solok Selatan sudah mengimplementasikan teknik kontrol kelas dalam pengajaran bahasa Inggris sesuia dengan yang dijelaskan para ahli. Yang mana bagian dari control teknik tersebut adalah setting limits, Getting started, critic dan reward. Namun, kedua partisipan masih kurang menerapkan aktifitasdalam “critic” dalam mengajar bahasa inggris.