Pengaruh Gaya Belajar Visual, Gaya Belajar Auditorial, Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XII IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 8 Padang
Main Authors: | Resi, Maiyetri, Ansofino, Ansofino |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Economic Education Study Program at STKIP PGRI Sumatera Barat, and ASPROPENDO
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3048/1/view_usp%3Dsharing http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3048/ https://drive.google.com/file/d/14PHE2__rQZKCE8wrCEweraykAxaJ-CUd/view |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Gaya Belajar Visual, Gaya Belajar Auditorial, dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XII IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 8 Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya belajar visual terhadap prestasi belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran ekonomi, dilihat dari nilai koefisien sebesar 0,496 dan nilai thitung> ttabel (3,769 > 1,661). 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara gaya belajar auditorial terhadap prestasi belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran ekonomi, dilihat dari nilai koefisen sebesar 0,515 dan thitung> ttabel (4,486 > 1,661). 3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran ekonomi, dilihat dari nilai koefisen sebesar 0,672 dan nilai thitung> ttabel (4,244 > 1,661). 4) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama–sama antara gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 8 Padang Keywords : visual learner, auditori learner, critical thinking, and student achievement.