Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kemampuan mahasiswa bahasa Inggris dalam memahami sampel tes menyimak dari buku Barron TOEFL di STKIP PGRI Sumatera Barat pada periode 2015/2016. Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Itu artinya bahwa peneliti mengumpulkan data mentah dan informasi untuk di analisa sebagai dokumen. Dalam hal ini peneliti menganalisa lembar jawaban siswa yang berjumlah 183 pada siswa yang terdiri dari 5 kelas yaitu kelas 2014 A, B, C, D, dan E. Jumlah soal bahasa Inggris yang di buat buku TOEFL Barron berjumlah 50 soal. Menganalisis lembar jawaban siswa pada setiap butir soal untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dengan menggunakan rumus Mean Score, Standar Deviasi dan mengklasifikasikan kemampuan mahasiswa dan menginterpretasikannya dalam persentase. Peneliti membagi kemampuan mahasiswa dalam lima klarifikasi atau grade. Hasil persentase untuk klasifikasi Very Good dan Good ialah 5.41% dan 21.62%. Sedangkan persentase dari klasifikasi Low dan Unsatisfactory ialah 24.32% dan 10.81%. Dan peneliti menyatakan hasil dari penelitian ini klasifikasi kemampuan mahasiswa bahasa inggris dalam sampel tes mendengarkan dari buku TOEFL adalah Fair dengan persentase tertinggi dibandingkan kalsifikasi lainnya dengan 37.84%.