Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya peserta didik yang rendah motivasinya saat menerima materi layanan dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) penerapan layanan penguasaan konten oleh guru BK melalui pendekatan high touch diantaranya: kewibawaan, kasih sayang, keteladanan, pemberian penguatan, tindakan tegas mendidik dan 2) penerapan layanan penguasaan konten oleh guru BK melalui pendekatan high tech diantaranya: materi pembelajaran, metode pembelajaran, alat bantu pembelajaran, lingkungan pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi sebanyak 450 peserta didik yang dijadikan sebagai sampel berjumlah 81 peserta didik. Uji coba dilakukan kepada 30 orang peserta didik di luar sampel kelas X di SMK Negeri 4 Padang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Propotional Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik persentase dengan menggunakan Microsoft Excel 2007. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) penerapan layanan penguasaan konten oleh guru BK melalui pendekatan high touch berada pada kategori baik dan 2) penerapan layanan penguasaan konten oleh guru BK melalui pendekatan high tech berada pada kategori cukup baik. Itu artinya melalui penerapan layanan penguasaan konten yang diberikan oleh guru BK untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di kelas X SMK Negeri 4 Padang masih cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan kepada guru BK untuk lebih mengetahui watak setiap peserta didik yang menjadi peserta layanan dan guru BK harus lebih memperhatikan peserta didik apakah siap menerima materi layanan atau belum siap menerima materi layanan dari guru BK.