Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Round Table terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Solok Selatan

Main Author: Vika Dwi Oktiana, Vika
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3032/3/13080032-VIKA%20DWI%20OKTIANA%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3032/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3032/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3032/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3032/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya kemampuan siswa dalam menulis paragraf deskripsi. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 2 Solok Selatan tanpa menggunakan model kooperatif tipe round table. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 2 Solok Selatan dengan menggunakan model kooperatif tipe round table. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh model kooperatif tipe round table terhadap keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 2 Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen jenis quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Solok Selatan yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 159 siswa. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah simpel random sampling, sampel pada penelitian ini adalah kelas X IPS2 sebagai kelas kontrol sebanyak 26 orang dan kelas XIPS1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 27 orang. Variabel penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe round table sebagai variabel bebas dan kemampuan menulis paragraf deskripsi sebagai variabel terikat. Data penelitian ini adalah skor hasil kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 2 Solok Selatan tanpa dan dengan menggunakan model kooperatif tipe round table. Instrumen yang dilakukan adalah tes unjuk kerja menulis paragraf deskripsi tanpa dan dengan menggunakan model kooperatif tipe round table. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua tahap yaitu tanpa dan dengan menggunakan model kooperatif tipe round table. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, nilai rata-rata kemampuan menulis paragraf deskripsi tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe round table siswa kelas X SMA Negeri 2 Solok Selatan adalah 69,74 berada pada rentangan 66-75% dengan kualifikasi lebih dari cukup (LdC). Kedua, nilai rata-rata kemampuan menulis paragraf deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe round table siswa kelas X SMA Negeri 2 Solok Selatan adalah 82,47 berada pada rentangan 76-85% dengan kualifikasi baik (B). Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe round table terhadap kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 2 Solok Selatan dengan thitung > ttabel yaitu 4,92 > 1,67.