Bentuk-bentuk Perilaku Bullying Peserta Didik yang Diterima Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan Bimbingan dan Konseling Sekolah (PPLBK-S) Angkatan 2012 STKIP PGRI Sumatera Barat

Main Author: Rahma, Dini
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3030/4/12060155%20RAHMA%20DINI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3030/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3030/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3030/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3030/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya mahasiswa PPLBKS yang mendapatkan perlakuan yang kurang baik atau tidak menyenangkan dari peserta didik dalam melaksanakan PPLBKS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: 1) Bentuk-bentuk verbal perilaku bullying peserta didik yang diterima mahasiswa PPLBKS angkatan 2012 STKIP PGRI Sumatera Barat, 2) Bentuk-bentuk non-verbal perilaku bullying peserta didik yang diterima mahasiswa PPLBKS angkatan 2012 STKIP PGRI Sumatera Barat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa bimbingan dan konseling angkatan 2012 STKIP PGRI Sumatera Barat yang sudah melaksanakan PPLBKS yang berjumlah 233 mahasiswa. Untuk penarikan sampel digunakan teknik proportional random sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 147 mahasiswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Sedangkan untuk analisa data digunakan teknik persentase. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Bentuk-bentuk verbal perilaku bullying peserta didik yang diterima mahasiswa PPLBKS angkatan 2012 STKIP PGRI Sumatera Barat berada pada kategori cukup banyak. 2) Bentuk-bentuk non-verbal perilaku bullying peserta didik yang diterima mahasiswa PPLBKS angkatan 2012 STKIP PGRI Sumatera Barat berada pada kategori cukup banyak. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada mahasiswa PPLBKS hendaknya memiliki cara untuk menghadapinya, sehingga dapat menampilkan dan mencontohkan pribadi seorang guru yang baik dan berwibawa sebagai seorang guru yang profesional.