Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh setiap peserta didik memiliki kemampuan yang berbeda-beda, ada peserta didik yang cepat dalam belajar dan ada peserta didik yang lambat (slow learner) dalam belajar. Yang dilihat dalam penelitian ini adalah penyesuaian diri peserta didik slow learner dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyesuaian diri peserta didik slow learner dalam belajar dilihat dari (1) aspek pribadi, (2) aspek sosial. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang terdiri dari informan kunci dua orang peserta didik slow learner dan informan tambahan tiga orang, yaitu guru BK, wali kelas dan teman informan kunci. Data dikumpulkan melalui pedoman wawancara dengan analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian terungkap bahwa: (1) Penyesuaian diri peserta didik slow learner dilihat dari aspek pribadi diperoleh bahwa peserta didik slow learner memiliki inteligensi rendah dan mengalami kesulitan dalam belajar, sehingga peserta didik slow learner sering ketinggalan dalam memahami materi pelajaran dibandingkan dengan teman-temannya. (2) Penyesuaian diri peserta didik slow learner dalam belajar dilihat dari aspek sosial diperoleh bahwa peserta didik slow learner mampu menyesuaikan diri dan berinteraksi dengan teman-teman maupun lingkungan sekolah. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan kepada peserta didik slow learner untuk benar-benar serius dalam belajar, jika kurang mengerti dengan materi pelajaran sebaiknya bertanya kepada guru.