Pengaruh Penggunaan Teknik Probing Prompting terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Candra, Pramita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/302/1/13080014%20CANDRA%20PRAMITA%20ok%20Flip.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/302/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/302/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/302/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/302/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan sebagai berikut ini. Pertama, siswa sulit memahami pelajaran deskripsi. Hal itu bisa dilihat dari nilai siswa yang rata-rata dibawah KKM. Kedua, siswa cenderung malas dan tidak memiliki motivasi serta minat dalam pembelajaran. Ketiga, siswa sulit memilih dan mengolah kata kedalam sebuah tulisan serta sulit menuangkan ide dan gagasannya dalam menulis. Keempat, model dan media yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar belum efektif dan tidak bervariasi hal ini disebabkan kurangnya sarana dan prasarana sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Design penelitian ini adalah one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah 299 tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Purpossive sampling. Variabel penelitian ini ada dua yaitu variabel bebas adalah teknik Probing Prompting dan variabel terikat adalah kemampuan menulis teks deskripsi. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP N 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan sebelum dan sesudah menggunakan teknik Probing Prompting Berdasarkan hasil analisis data terhadap kemampuan menulis teks deskripsi sebelum dan sesudah menggunakan teknik Probing Prompting dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP N 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Sebelum menggunakan teknik Probing Prompting memperoleh nilai rata-rata kelas 56,45 yang berkualifikasi Cukup (C) dengan tingkat penguasaan 56-65%. Kedua, kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP N 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Sesudah menggunakan teknik Probing Prompting memperoleh nilai rata-rata kelas 77,70 yang berkualifikasi Baik (B) dengan tingkat penguasaan 76-85%. Ketiga, Terlihat pada uji t yang disimpulkan hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 0,05% dan dk= n1-1 karena thitung>ttabel (7,61>1,70). Terdapat pengaruh yang signifikan penggunan teknik Probing Prompting terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP N 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan.