Pelaksanaan Konseling Perorangan oleh Guru BK kepada Peserta Didik dalam Mengambil Keputusan Arah pilihan Karir (Studi pada Kelas XI SMK N 1 Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman)

Main Author: Siska, Diana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2998/4/12060093%20SISKA%20DIANA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2998/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2998/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2998/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2998/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang belum dapat menentukan arah pilihan karir yang sesuai dengan bakat dan minat yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Perencanaan konseling perorangan untuk mengarahkan peserta didik dalam mengambil keputusan arah pilihan karir di SMK N 1 Lubuk Sikaping. 2) Pelaksanaan konseling perorangan untuk mengarahkan peserta ddik dalam mengambil keputusan arah pilihan karir di SMK N 1 Lubuk Sikaping.3) Evaluasi konseling perorangan untuk mengarahkan peserta didik dalam mengambil keputusan arah pilihan karirdi SMK N 1 Lubuk Sikaping. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 1 Lubuk Sikaping, jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif dengan populasisebanyak 35 peserta didik. Penarikan sampel mengunakan teknik total sampling, dengan Jumlah sampel sebanyak 35peserta didik. Instrumen yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah angket sedangkan untuk melaksanakan analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Pelaksanaan konseling perorangan oleh guru BK dalam mengambil keputusan arah pilihan karir dilihat dari secara umum berada pada kategoricukup baik. (2) Pelaksanaan konseling perorangan oleh guru BK kepada peserta didik dalam mengambil keputusan arah pilihan karir dilihat dariperencanan berada pada kategori cukup baik.(3) Pelaksanaan konseling perorangan oleh guru BK kepada peserta didik dalam mengambil keputusan arah pilihan karir dilihat daripelaksanaan berada pada kategori cukup baik. (4) Pelaksanaan konseling perorangan oleh guru BK kepada peserta didik dalam mengambil keputusan arah pilihan karir dilihat darievaluasi berada pada kategori kurang baik.Hasil penelitian ini direkomendasikan kepada guru BK agar lebih memperhatikan kebutuhan peserta didik akan konseling perorangan mengenai arah pilihan karir dan lebih memahami peserta didik secara menyeluruh dan berusaha menciptkan situasi yang menimbulkan rasa betah dan nyaman bagi peserta didik pada saat melakukan kegiatan layanan konseling perorangan mengenai arah pilihan karir.